Headline

Jaga Keamanan Misa Natal, Tim Gegana Polda Jateng Lakukan Sterilisasi Gereja

Tribratanews.banyumas.jateng.polri.go.id – Jelang perayaan Natal 2019, personel Gegana Brimob Polda Jateng melakukan sterilisasi di sejumlah gereja. Salah satunya adalah Gereja Katedral Jl. Gereja Purwokerto.

Komandan Sub Detasemen Penjinak Bom Tim Gegana Polda Jateng Iptu Muklis SH menerangkan, sterilisasi gereja dilakukan sejak Senin (23/12-2019) hingga Rabu (25/12-2019).

Untuk wilayah Kota Purwokerto Banyumas Delapan gereja prioritas yakni Gereja Katedral, Juru Selamat, Gereja Kristen Jawa, Gereja GKI Gatot Subroto , Gereja Utusan Pantekosta, GKI Martadireja, Santo Yosep dan Gereja Bethel.

Kami sudah dari kemarin tanggal 24 melakukan (sterilisasi) di Purwokerto dan sesaat di laksanakan misa juga di laksanakan sterilisasi, sampai sejauh ini tidak ditemukan benda-benda yang dicurigai berbahaya,” ujar Iptu Mukhlis, Rabu pagi (25/12-2019).

Iptu Mukhlis menerangkan jika selain sterilisasi untuk menjaga keamanan juga akan memasang pintu x-ray dan metal detektor di gereja Katedral , Selain itu tim Detasemen Penjinak Bom Polda Jateng juga akan menempatkan anggota timnya di 8  gereja besar di Purwokerto.

Sementara itu Kapolresta Banyumas AKBP Whisnu Caraka S.I.K melalui Kabag Ops Kompol Zaenal Arifin S.Ip, MH,  menjelaskan Gereja Katedral merupakan salah satu gereja prioritas sterilisasi karena memiliki jumlah jemaat banyak.

Kabag Ops mengimbau pada jemaat atau masyarakat yang hendak masuk ke Gereja Katedral untuk tidak membawa tas besar. Kalaupun membawa tas, maka akan diperiksa oleh petugas menggunakan metal detektor.

“Untuk antisipasi, orang yang tidak dikenal kita adakan selektivitas supaya lebih aman,” pungkas Kabag Ops.

(Kmbrn/PID Promoter Humas Polresta Banyumas)

Related Posts

1 of 6,538