Headline

Polresta Banyumas Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Malam Tahun Baru 2024

Polresta Banyumas Polda Jateng menggelar kegiatan Apel Kesiapan Pengamanan Malam Tahun Baru 2024 yang diselenggarakan di lapangan Apel Polresta Banyumas, Minggu sore (31/12/23).

Dipimpin oleh Wakapolresta Banyumas AKBP Hendri Yulianto, SIK, MH dan Dandenpom IV/1 Purwokerto Letkol CPM Ariyanto, kegiatain ini dihadiri oleh perwakilan Forkompimda Banyumas, personil gabungan TNI-Polri, Dishub, Satpol PP, Senkom, relawan dan stake holder terkait.

Dalam membacakan amanat Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu SIK, MH, Wakapolresta Banyumas AKBP Hendri Yulianto, SIK, MH, mengucapkan terimkasih kepada para peserta apel yang telah hadir dalam apel pengamanan malam pergantian tahun baru 2024 sebagai agenda rutin kalender kamtibmas nasional.

“Apel ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil, sarana dan prasarana. Sehingga dapat diharapkan pengamanan terselanggra secara optimal dan bersinergi sehingga situasi kamtibmas dan kamtibcarlantas diwilayah Kab. Banyumas dapat berjalan aman nyaman kondusif dan lancar”, ungkap Wakapolresta.

Lebih lanjut Wakapolresta memaparkan, seperti diketahui bersama bahwa pengamanan tahun baru kali ini berbarengan dengan pengaman pemilu 2023/2024 dan pengamanan perayaan natal 2023 sehingga lebih matang dalam perencanaan persiapan dan pelaksanaanya, karena potensi ganguan kamtibmas dan kamseltibcarlantas semakin tinggi.

Sebagaimana penekanan bapak kapolri jendral polisi Drs. listiyo Sigit Prabowo, MSi, dalam amanat apel gelar ops lilin candi tahun 2023 kemarin. Dalam pengamanan tahun baru, lakukan giat pengamanan keramaian dengan maksimal terutama yang melibatkan massa dalam jumlah besar.

“Lakukan pengaturan lalu lintas dan pengamanan pada lokasi kegiatan secara humanis serta tingkatkan pengawasan distribusi handak komersial maupun petasan agar kegiatan berjalan dengan aman”, tegasnya.

Menurutnya, Pemerintah Daerah dengan dukungan TNI, Polri, mitra kamtibmas serta stake holder terkait dapat bersinergi dengan baik dalam pengamanan malam tahun baru tahun 2024.

“Pengamanan ini dilaksanakan oleh personil gabungan Polresta Banyumas bersama TNI, Denpom, Brimob dan Satpol PP dan Senkom Kabupaten Banyumas dengan jumlah pergelaran personil sebanyak 730 personil yang ditempatkan pda objek vital nasional titik titik yang telah ditentukan”, ungkapnya.

Adapun titik lokasi pemusatan massa sebanyak 7 lokasi, meliputi alun-alun Purwokerto, taman andang pangrenan, menara pandang teratai, Gor Satria Purwokerto, Baturraden, Taman Mas Kumambang, dan alun2 Banyumas serta penggal-penggal jalan rawan kemacetan.

Pada pengamanan malam tahun baru tahun 2024 terdapat berbagai potensi gangguan yang harus di waspadai seperti ancaman terorisme, penyalahgunaan narkotika, pesta miras obat obatan daftar G, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas serta konvoi kendaraan yang mengganggu aktivitas masyarakat pengguna jalan.

“Jadikan pengaturan rekayasa lalu lintas pada perayaan tahun baru sebelumnya sebagai acuan, lakukan secara fleksibel dan humanis menyesuaikan dengan situasi dilapangan”, jelasnya.

Wakapolresta juga menekanan untuk melakukan sosialisasi secara masiv sebelum rekayasa lalu lintas sehingga masyarakat mendapat informasi dengan baik.

Selain itu, Wakpolresta juga menyebutkan bahwa perlunya mengintensivkan patroli sekala besar dalam rangka mencegah terjadinya niat kejahatan guna mendukung kegiatan pengamanan.

“Optimalkan sinergitas, soliditas, kordinasi serta kerja sama antar petugas kemanan sehingga dalam menghadapi perkembangan dinamika situasi dilapangan dapat teratasi dengan cepat dan tepat”, harapnya.

Kapolresta juga menekankan, keberhasilan tugas pengamanan merupakan tanggung jawab bersama yang harus kita selesaikan, oleh sebab itu personil pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergitas san soliditas selama pelaksanaan tugas.

“Saya yakin dengan sinergitas dan soliditas yang baik, masyatakat Banyumas dapat melaksanakan malam tahun baru tahun 2024 dengan penuh suka cita”, ungkapnya.

(PID Presisi Humas Polresta Banyumas)

Related Posts

1 of 6,538