Headline

Cegah Timbulnya Korban, Polsek Ajibarang Banyumas Petakan Daerah Potensi Bencana

Tribratanews.banyumas.jateng.polri.go.id – Antisipasi timbulnya banyak korban saat terjadi bencana alam, Kapolsek Ajibarang, Polres Banyumas, Polda Jawa Tengah AKP H. Supardi, S.H bersama dengan unsur Pemerintah Desa, Bhabinkamtibmas dan juga Babinsa melakukan pengecekan langsung kondisi wilayah desa yang berpotensi timbulnya bencana alam, Kamis (04/01/2018).

Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun, S.I.K melalui Kapolsek Ajibarang AKP H. Supardi, S.H mengatakan, letak geografis sebagian wilayah Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas berbukit dengan kondisi tanah yang labil sangat berpotensi untuk terjadinya longsor, diantaranya seperti Desa Sawangan, Desa Jingkang, Desa Darmakradenan dan juga Desa Kracak.

Lebih lanjut Kapolsek Ajibarang AKP H. Supardi, S.H saat pengecekan di lapangan menyatakan bahwa wilayah Ajibarang bagian barat yang berbatasan dengan wilayah Gumelar ada dibeberapa tempat mengalami longsor.

“Maka dengan pemetaan daerah rawan bencana sedini mungkin diharapkan dapat mencegah timbulnya korban dan Polsek Ajibarang, Polres Banyumas akan selalu berkoordinasi dengan Dinas terkait mengenai masalah ini”, ungkap Kapolsek Ajibarang.

Sementara itu, menurut Kepala Desa Darmakradenan Harjono, saat mendampingi Kapolsek dalam pengecekan lapangan menuturkan bahwa di wilayah Desa Darmakradenan hampir 90 persen tanah kapur dan berbukit dengan tingkat kemiringan lebih dari 60 derajat dan sangat rawan terjadinya longsor.

“Untuk bulan lalu, beberapa lokasi mengalami tanah retak sehingga beberapa rumah warga Desa Darmakradenan mengalami kerusakan. Semoga dengan perkataan ini korban jiwa maupun material dapat dicegah”, tutupnya.
(Sugiyanto Humas Polek Ajibarang/PID Promoter Humas Polres Banyumas)

Related Posts

1 of 6,538