Headline

Kapolres Banyumas Berikan Arahan Hadapi Perayaan Malam Pergantian Tahun Baru 2018

Tribratanews.banyumas.jateng.polri.go.id – Bertempat di Aula Rekonfu Mapolres Banyumas, Kapolres Banyumas, Polda Jawa Tengah AKBP Bambang Yudhantara Salamun, S.I.K memberikan petunjuk pengamanan malam pergantian tahun kepada pejabat utama Polres Banyumas dan personil satgas Ops Lilin Candi 2017, Kamis sore (28/12/2017).

Dalam petunjuk dan arahan yang juga sebagai penekanan dalam menghadapi pengamanan Malam Tahun Baru 2018 ini, agar petugas dapat mengantisipasi terorisme pada gereja-gereja. Di tekankan kepada para Kapolsek dan Bhabinkamtibmas serta personil yang tugas pengamanan gereja bahwa ancaman serangan teroris itu ada.

Sehingga dalam pengamanan gereja yang harus diperhatikan agar seluruh anggota memiliki kepedulian dan peka terhadap ancaman akan adanya bahaya.

“Diharapkan anggota yang berada dilapangan selalu waspada. Karena sasaran pelaku teror baik kepada gereja, juga kepada aparat keamanan”, tegas Kapolres.

Setiap gereja wajib diamankan dan sterilisasi atau digeledah oleh anggota Polri beserta pengurus/pengamanan internal gereja. Meski kereja kecil tetap dipantau.

Pengamanan geraja agar dibuat satu pintu saja, baik akses masuk ke halaman ataupun pintu masuk ke dalam gedung gereja. Jangan ada gereja di Banyumas diketemukan pintu akses masuk dan keluar halaman gereja di buka lebar-lebar, karena sangat berbahaya kalau diterobos orang.

Sementara terhadap lokasi gereja yang lokasinya mepet dengan jalan umum agar dibuat parimeter/penyekat dgn pembatas traffic cun atau yang lainnya untuk mencegah orang melempar bom molotop atau bahan peledak lainnya ke arah jemaat gereja yang sedang misa.

Disisi lain terkait dengan pengamanan malam tahun baru Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun, S.I.K yang didampingi Kabag Ops mengharapkan wilayah Banyumas segera membuat kawasan Car Free Night yang dikoordinasikan degan stakeholder terkait.

Kegiatan cipta kondisi dengan pola kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (KKYD/K2YD) agar lebih ditingkatkan lagi sasaran miras, petasan, sajam dan senpi, tidak ada korban tewas akibat miras oplosan perankan Bhabinkamtibmas sangat diutamakan.

Disampaikan juga terkait dengan arus balik agar di antisipasi dengan penggelaran personil pada titik-titik rawan macet maupun jalur rawan laka, bila perlu ditambah keberadaan Sub Pospam dan kerahkan Tim Ranmor R2 untuk urai kemacetan.

(PID Promoter Humas Polres Banyumas)

Related Posts

1 of 6,538