Headline

Polsek Purwokerto Utara Banyumas Ikuti Sosialisasi HIV/Aids

Tribratanews.banyumas.jateng.polri.go.id – Bertempat di Aula Puskesmas I Purwokerto Utara, Wakapolsek bersama para Bhabinkamtibmas Polsek Purwokerto Utara, Polres Banyumas, Polda Jawa Tengah mengikuti sosialisasi pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS oleh Dinas Kesehatan Kab. Banyumas, Kamis (12/10-2017).

Kegiatan ini di selenggarakan oleh Puskesmas 1 dan 2 Purwokerto Utara. Hadir dalam acara tersebut Muspika Kec. Purwokerto Utara, Arif Burhanudin dari Dinas Kesehatan, Neto Ariyanto dari Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kab. Banyumas, Kepala Puskesmas 1 dan 2 Purwokerto Utara, para anggota Bhabinkamtibmas, anggota Koramil 01, Kasi Trantib, Ketua TP PKK, Koordinator PLKH, Ketua Forum Kesehatan, Permas sewuilayah Purwokerto Utara dengan jumlah kurang lebih 50 orang.

Saat menyampaikan materinya, Arif Burhanudin dari Dinas Kesehatan Kab. Banyumas menjelaskan bahwa HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh, penularannya bisa melalui cairan darah/transfusi darah (jarum suntik), gonti ganti pasangan seksual, cairan sperma, cairan vagina, ASI (puting susu yang terinfeksi karna luka bekas gigitan). Sedangkan AIDS adalah kependekan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome yaitu sekumpulan gejala yang didapatkan dari penurunan kekebalan tubuh akibat kerusakan system yang disebabkan infeksi HIV.

Menurutnya, untuk mencegah masuknya penyakit HIV/AIDS secara umum adalah dengan cara membiasakan hidup sehat, hindari seks bebas (gonti ganti pasangan) dan usahakan setia dengan pasangannya, gunakan kondom, hati-hati dalam penggunaan jarum suntik.

Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun, S.I.K melalui Wakapolsek Purwokerto Utara AKP Ach. Muhdianto mengatakan seluruh para Bhabinkamtibmas mengikuti kegiatan sosialisasi HIV/AIDS .

“Penyakit HIV dan AIDS termasuk penyakit yang menyebabkan angka kematian yang sangat tinggi dan sampai saat ini belum ada obat untuk dapat menyembuhkannya hanya tindakan pencegahan dengan hindari seks bebas, jauhi Narkoba serta tingkatkan keimanan dan ketakwaan dengan menjalankan kewajiban agama.”, imbuh Wakapolsek

“Jauhi Narkoba, hindari gonti-ganti pasangan seksual karena sudah terbukti bahwa penyebaran HIV/AIDS lebih cepat dibanding perilaku berisiko lainnya.”, tandasnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan, agar para peserta dapat memperoleh pemahaman dengan baik dan selanjutnya para Bhabinkamtibmas ikut mensosialisasikan bahaya HIV/AIDS kepada warga masyarakan di desa binannya sehingga terhindar dari penyakit mematikan ini.

(Pandi S Humas Polsek Purwokerto Utara/PID Promoter Humas Polres Banyumas)

Related Posts

1 of 6,538