Headline

Kapolsek Wangon Banyumas Hadiri Deklarasi Open Defecation Free

Tribratanews.banyumas.jateng.polri.go.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas menyelenggarakan Deklarasi ODF (stop membuang air besar sembarangan) kepada beberapa desa di Kecamatan Wangon, Lumbir dan Gumelar pelaksanaanya dilakuka di Pendopo Desa Rawaheng Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas, Sabtu (30/12-2017).

Hadir dalam acara tersebut seluruh unsur Forkompimkec serta Kepala Desa dari ketiga Kecamatan Wangon, Lumbir dan Gumelar, para Kepala Dinas Kabupaten Banyumas serta tokoh masyarakat disekitar lokasi kegiatan.

“Deklarasi yang sekarang dilakukan sebagai pernyataan keadaan masyarakat yang sudah menyadari dan memulai cara hidup yang sehat dengan tidak membuang air bersih sembarangan”, ungkap Agus Nugroho.

“Kami sangat bangga kepada masyarakat Kabupaten Banyumas karena telah berpola hidup sehat dengan tidak membuang air besar sembarangan, kemudian atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setingi tingginya”, ungkap Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah.
Kemudian Wakil Bupati Banyumas dalam sambutannya mengatakan, program (ODF) adalah kelanjutan dari program jambanisasi yang sudah dicanangkan dua tahun yang lalu, artinya pembangunan sarana (jamban) saja tidak cukup tapi harus dibangun juga mentalnya agar mau bersikap hidup sehat.
Acara puncak dalam kegiatan tersebut adalah pembacaan Deklarasi ODF oleh Camat Wangon Rusmanto, S.Sos dilanjutkan penyerahan Sertifikat ODF oleh Wakil Bupati kepada para Kepala Desa yang sudah termasuk dalam kategori ODF, setelah itu acara selesai dan ditutup dengan pembacaan doa oleh Saudara Tohirin Perangkat Desa Rawaheng.

(Sarjoko Humas Polsek Wangon/PID Promoter Humas Polres Banyumas)

Related Posts

1 of 6,538