Antisipasi Sabotase Jelang Nataru Polsek Sumpiuh Banyumas Sisir Rel Kereta Api

Tribratanews.banyumas.jateng.polri.go.id – Guna memastikan keamanan jalur mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 khususnya yang menggunakan jalur kereta api (KA), Polsek Sumpiuh, Polresta Banyumas, melakukan pengecekan rel di jalur sekitar Stasiun Sumpiuh, Selasa (24/12/2019).

Personel dari Polsek Sumpiuh Aiptu Sudarto dari Stasiun Sumpiuh dengan seksama menyusuri jalur hingga di ke pintu KA yang berada di Kelurahan Sumpiuh. Pemeriksaan juga dilakukan pada baut pengikat dan wesel (mekanisme pemindahan rel).

Kapolresta Banyumas AKBP Whisnu Caraka,S.I.K melalui Kapolsek Sumpiuh AKP Sardjupri,SH mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan atau sabotase di jalur kereta api selama arus mudik Natal dan tahun baru. Dengan Jalur ganda Purwokerto – Purworejo ini kan sangat padat, ujar Kapolsek Sumpiuh.

“Oleh karena, kami akan melakukan patroli serta pengawasan terhadap jalur KA sebagai upaya memberikan jaminan keselamatan dan keamanan pada para penumpang,” katanya.

Ia mengajak masyarakat ikut berpartisipasi dalam pengamanan arus mudik Natal dan Tahun Baru 2020 agar kerawanan kejahatan maupun unsur lain yang tidak dingginkan dapat diantisipasi.

“Semua itu, kami lakukan dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat pengguna jasa angkutan KA dengan cara melakukan patroli,” katanya.

Menurut AKP Sardjupri,SH berdasarkan hasil pengecekan, tidak ditemukan kerusakan pada bantalan rel, baut, wesel maupun gangguan keamanan lainnya. Setelah dilakukan pengecekan selama 30 menit, kondisi jalur dinyatakan sangat baik dan siap digunakan untuk arus mudik Natal dan Tahun Baru.

(Sutrisno Humas Polsek Sumpiuh/PID Promoter Humas Polresta Banyumas)

Exit mobile version