Kapolresta Banyumas Terima Kunjungan Team Supervisi Kesiapan Operasi Lilin Candi 2019

Tribratanews.banyumas.jateng.polri.go.id, – Kapolresta Banyumas AKBP Whisnu Caraka S.I.K, menerima kunjungan rombongan team supervisi Mabes Polri dalam rangka mempersiapkan agenda nasional Operasi Lilin Candi 2019, bertempat aula Rekonfu Polresta Banyumas ( 24/12-2019). Selasa.

Kunjungan tim supervisi Ops Lilin Candi 2019 Mabes Polri di Polresta Banyumas di ketuai oleh Katim pemeriksa Brigjen Pol Drs. Edi Setio Budi Santoso, diikuti oleh anggota pemeriksa Kombes Pol Drs. Guruh Ahmad Fadiyanto MH, Kombes Pol Wawan Kristyanto S.I.K, AKBP Syamsubair S.I.K, MH selaku sekretaris.

Selain Kapolresta Banyumas AKBP Whisnu Caraka S.I.K hadir pula Wakapolresta Kompol Davis Busin Siswara S.I.K , Kabag Ops Kompol Zaenal Arifin S.Ip, MH, para PJU Polresta Banyumas serta Kaposko Ops Lilin Candi 2019.

Kapolresta Banyumas AKBP Wishnu Caraka S.I.K, menyambut dengan apresiasi dan selamat datang dan terima kasih atas kedatangan tim supervisi dari Mabes Polri dalam rangka Ops Lilin Candi 2019 di Polresta Banyumas pelaksanaan sudah dilaksanakan 2 hari yang lalu agar anggota sudah stand by menjaga beberapa titik yang menjadi kerawanan kami berterima kasih sekali dengan datanya tim supervisi ini dapat menambah moril dan wawasan.

Di sampaikan pula ada 8 gereja menjadi prioritas, paling banyak di Purwokerto Timur. Untuk tahun baru ada kegiatan di Gor Satria, lokawisata Baturraden, pusat keramaian Alun-alun Banyumas, Alun-alun Purwokerto dan Taman Kota Andhang Pangrenan.

Kami berharap sekali mohon bimbingan. Apabila ada hal-hal yang kurang berkenan mohon maaf sebesar-besarnya dan ucapan terimakasih sebesar-besarnya sudah berkenan hadir di Polresta Banyumas.

Katim Supervisi ops lilin Candi 2019 Brigjend Pol Drs. Edi Setio Budi Santoso menekankan bahwa tidak adanya kecelakaan fatal dengan memasang rambu-rambu dan papan peringatan ditempat yang sering terjadi kecelakaan.  Antisipasi Kemacetan agar arus lalu lintas tetap mengalir dan tidak stag.

Antisipasi ancaman terorisme dengan sasaran Gereja maupun anggota Polri pada saat pengamanan.  Lakukan sterilisasi terhadap gereja-gereja sebelum kegiatan berlangsung untuk mengantisipasi adanya sabotase oleh orang yang tidak bertanggung jawab berlaku jam J-2 sebelum pelasanaan.

Anggota yang melakukan pengamanan  agar dilatih cara sterilisasi Gereja sehingga apabila ada benda yang dicurigai bom dapat bertindak sesuai langkah-langkah penanganannya.

Saat ini mulai memasuki musim hujan untuk itu agar di koordinasikan dengan BMKG dan pihak gereja guna menyiapkan tenda pengamanan. Koordinasikan dengan petugas Obyek wisata air berkaitan dgn musim hujan saat ini agar mengantisipasi korban jiwa.

Siapkan renpam, sprin, kirka intel dan slide peta di sekitar / di dalam gereja sehingga anggota yang melakukan pengamanan dapat mengetahui kerawanan dan cara bertindaknya dalam pengamanan.

Kejahatan Konvensional agar tgl 27 s/d 30 melaksanakan oprasi miras/petasan, mainkan Bhabinkamtibmas  dengan Intelijen dan perjelas sasaran.

Sweeping ada 2 yaitu Atribut natal. Tidak diwajibkan yang bukan beragama nasrani menggunakan atribut natal. Rumah dijadikan Ibadah. Lakukan pemantauan terhadap rumah ibadah nasrani untuk mengantisipasi adanya penolakan dari warga sekitar.

(Kmbrn/ PID. Promoter Humas Polresta Banyumas).

Exit mobile version