Polsek Tambak Banyumas Amankan Pagelaran Kuda Kepang

Tribratanews.banyumas.jateng.polri.go.id – Pertunjukan kuda kepang merupakan pertunjukan kesenian daerah yang ramai ditonton oleh masyarakat. Dengan ramainya penonton maka Polsek Tambak, Polres Banyumas, Polda Jawa Tengah mengamankan pertunjukan kuda kepang di lapangan Krida Taruna Desa Watuagung dan Grumbul Kalisetra Plangkapan, Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas, Minggu (30/12-2018).

Pertujukan kuda kepang di lapangan Krida Taruna desa Watuagung diadakan sebagai kegiatan hiburan menyongsong tahun baru 2019.

Aiptu Jupri selaku Bhabinkamtibmas desa Watuagung memberikan binluh kamtibmas sesaat sebelum acara janturan/mendem dilaksanakan.

Dalam pesan kamtibmasnya diharapkan agar penonton bisa saling menjaga keamanan, janganlah pertunjukan ini menjadi ajang perkelahian, pastikan bagi penonton yang membawa kendaraan dipastikan parkir di tempat yang aman.
Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun, S.I.K melalui Kapolsek Tambak AKP Embar Yuliono, S.H mengatakan bahwa seni tradisional kuda kepang merupakan kesenian tradisional masyarakat Banyumas.

Untuk mengantisipasi terjadinya pencurian kendaraan bermotor Aiptu Jupri juga melakukan pengamanan di lokasi parkir sepeda motor.

Biasanya masyarakat melaksanakan pagelaran ini sebagai upaya untuk melestarikan budaya Banyumasan seperti yang dilaksanakan di desa Plangkapan Kalisetra Tambak, pertunjukan kuda kepang sebagai upaya mensosialisakan budaya tradisional dari Banyumas dan memiliki group baru dengan nama “Setra Turonggo Budoyo”, pimpinan bapak Darmadi.

“Dengan ini kami himbau kepada masyarakat Tambak dan sekitaranya agar setiap ada pertunjukan hiburan bisa saling menjaga ketertiban dan keamanan”, Tegas Kapolsek.

(Kusaeri Humas Polsek Tambak/PID Promoter Humas Polres Banyumas)

Exit mobile version