Sat Binmas Polresta Banyumas Gelar Diksar Saka Bhayangkara

Tribratanews.banyumas.jateng.polri.go.id – Sebanyak 42 terdiri dari putra 14 dan putri 28 pramuka dari SMA/SMK/MAN Kabupaten Banyumas mengikuti kegiatan Latihan Dasar Saka Bhayangkara yang digelar Sat Binmas Polresta Banyumas. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari mulai Jumat 20/12-2019 s/d Minggu 22/12-209. Di desa Melung Kec. Kedungbanteng Kab. Banyumas.

Latihan itu digelar agar Pramuka Saka Bhayangkara memiliki pengetahuan, kemampuan, kecakapan, dan keterampilan serta pengalaman dalam bidang kebhayangkaraan. Selain itu, memiliki sikap hidup yang tertib dan disiplin serta ketaatan terhadap peraturan hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat serta memiliki sikap, kebiasaan dan perilaku tangguh sehingga mampu mencegah, menangkal serta menanggulangi timbulnya setiap kejadian keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Beberapa materi dalam kegiatan tersebut, peserta diberikan materi tentang Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) Lalulintas, repling krida pencegahan dan penanggulangan bencana, cara pembuatan lapak tenda, peraturan baris berbaris serta lintas alam/pengembaraan sejauh, Safari Krida dan Havefun Color, pentas seni dan juga api unggun.

Kapolresta Banyumas AKBP Whisnu Caraka S.I.K melalui Kasat Binmas AKP Supriyadi SH selaku Pembina Saka Bhayangkara Polresta Banyumas dalam amanatnya pada pelatihan berharap, melalui Saka Bhayangkara diharapkan tercipta kader-kader bangsa yang memiliki jiwa nasionalisme serta berpegang teguh pada Pancasila. Dalam kegiatan, peserta mendapatkan materi dari masing-masing satuan fungsi kepolisian.

Kegiatan pelatihan ditutup dengan pelantikan Saka Bhayangkara oleh Kasat Binmas. Sementara itu, Pamong Saka Bhayangkara Polresta Banyumas Iptu Suparno berharap para peserta yang telah menerima bekal ilmu/materi kebhayangkaraan menjadi tunas-tunas muda Bhayangkara yang siap berbakti kepada masyarakat yang sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

(Kmbrn/PID Promoter Humas Polres Banyumas)

Exit mobile version