Headline

Sat Lantas Polresta Banyumas Dialog Interaktif Operasi Lilin Candi Melalui Yasika FM

Tribratanews.banyumas.jateng.polri.go.id – Bertempat di Studio Yasika FM Purwokerto berlangsung On ait Dialog Interaktif dengan tema Operasi Lilin Candi  2019, Sabtu (21/12-2019).

Dialog yang dipandu oleh pernyiar Yasika, ini menghadirkan narasumber Kanit Dikyasa Sat Lantas Polresta Banyumas Ipda Supeno SH.

Kanit Dikyasa Sat Lantas Polresta Banyumas mengatakan titik pengamanan selama operasi tersebut berfokus mulai dari tempat ibadah hingga objek wisata dan memastikan keamanan selama masa perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 berjalan kondusif.

Pelaksanaan kegiatan ini fokus pada objek yang diamankan yaitu mulai dari tempat ibadah, kemudian tempat pariwisata, juga pengamanan jalur dan kita pastikan kepada seluruh masyarakat khususnya Banyumas  dan sekitarnya, kami jajaran Polresta Banyumas  dan Stakeholder yang terkait siap mengamankan dan memastikan bahwa kegiatan ini berjalan dengan lancar,” ujar Kanit Dikyasa.

Yang perlu diantisipasi dalam pelaksanan Natal ini tentu saja mengenai ketertiban dan keamanan umat Nasrani dalam merayakan Natal dalam artian kita mengantisipasi adanya gangguan terorisme dan Kantibmas. Selain itu potensi-potensi lain yang bisa timbul dimalam Tahun Baru seperti laka lantas dan lain sebagainya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Operasi Lilin dilaksanakan dalam rangka pengamanan libur Natal dan Tahun Baru. Pengamanan dalam operasi ini, salah satunya adalah mengurai kemacetan lalu lintas, memastikan kelancaran lalu lintas karena diperkirakan volume kendaraan yang menggunakan arus mudik akan meningkat di penghujung tahun.

Untuk mengatasinya, polisi akan menerapkan pengalihan arus lalu lintas jika diperlukan,” ujar Ipda Supeno.

Sementara itu Kapolresta Banyumas AKBP Whisnu Caraka, S.I.K melalui sambungan tlp langsung dari Yasika FM mengatakan Dalam Operasi Lilin dan pengamanan Tahun Baru ini kami bersama Dinas lainya melaksanakan tugas membina pengelolaan dan pengendalian sarana dan prasarana perhubungan dan penerangan jalan umum demi kenyamanan masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru,” katanya.

Polri bersama Dishub juga bersinergi mensukseskan Operasi Lilin ini yakni Pengecekan angkutan untuk Natal dan Tahun Baru sebelum beroperasi Bus harus betul-betul layak, lampunya panjang pendek maupun sein harus betul nyala, wiper, pengereman harus berfungsi, kalau enggak bisa mengakibatkan laka lantas. Oleh karena itu sebelum terjadi laka lantas harus dicek apakah layak Jalan atau enggak.

Tidak hanya sistem kendaraan yang di cek. Pengemudi juga harus dalam keadaan sehat, karena itu sangat penting. Intinya, kegiatan ini guna meminimalisasir terjadi kecelakaan yang di akibatkan  faktor sistem kendaraan atau pribadi sopirnya.

Kondisi ban, sistem pengereman dan lampu semua baik dan belum menemukan Bus yang tak layak Jalan. “Pungkasnya.

(Kmbrn/ PID. Promoter Humas Polresta Banyumas).

Related Posts

1 of 6,538