Headline

Tamkot Sumpiuh Titik Rawan Tahun Baru 2020 Polsek Sumpiuh Banyumas Fokuskan Pengamanan

Tribratanews.banyumas.jateng.polri.go.id -Taman Kota Sumpiuh dimasukan dalam daftar titik rawan saat pergantian tahun 2020 oleh Polsek Sumpiuh, Polresta Banyumas. Sebab, ruang terbuka hijau itu digunakan untuk pusat kegiatan tahun baru.

“Pola pengamanan Nataru sudah siap. Titik rawan berada di Taman Kota Sumpiuh. Polsek Sumpiuh membentuk tiga tim dan ploting anggota. Satu tim tetap untuk mengamankan taman kota,” jelas Kapolsek Sumpiuh AKP Sardjupri, S.H.

Hal itu disampaikan Kapolsek Sumpiuh AKP Sardjupri, S.H kepada anggota pada saat meminpin Apel pagi di halaman Mapolsek Sumpiuh, Senin ( 23/12/2019 ).

Selain taman kota, Polsek Sumpiuh juga memasukan wilayah perbatasan antara Banyumas dan Cilacap sebagai titik rawan. Secara historis, kerusuhan yang pernah terjadi beberapa tahun lalu. Polsek Sumpiuh menjadikan catatan tersendiri untuk selalu diwaspadai.

Sehingga, dua tim pengamanan Polsek Sumpiuh lainnya dibentuk untuk mobile. Satu tim untuk memantau wilayah bagian utara jalan nasional. Satu tim berikutnya dikerahkan untuk menyisir wilayah selatan jalan nasional, perbatasan Banyumas dan Cilacap.

“Potensi tindak kriminal tidak dapat diabaikan. Tahun lalu, saat pergantian tahun, puluhan orang kita amankan di mapolsek karena mengkonsumsi miras di wilayah perbatasan,” jelas Kapolsek.

Kapolresta Banyumas AKBP Whisnu Caraka, S.I.K melalui Kapolsek Sumpiuh AKP Sardjupri, S.H mengatakan Polsek Sumpiuh juga menggandeng Koramil 10 Sumpiuh dan organisasi masyarakat dalam pengamanan tahun baru. Lalu, Satpol PP dan Pokdarkamtibamas. Sedikitnya, 60 personil dilibatkan.

“Untuk pengamanan perayaan Natal. Polsek Sumpiuh telah melakukan koordinasi dengan pengurus gereja. Sebab, pengurus gereja yang paling paham jemaatnya. Hal tersebut sebagai antisipasi kemungkinan kehadiran orang asing yang menyusup ke gereja”, jelasnya.

Polsek Sumpiuh menghimbau, saat jemaat ke gereja tidak perlu membawa barang berharga dan berukuran besar. Di wilayah hukum Polsek Sumpiuh terdapat tujuh gereja. Diantaranya Theresia, Pantekosta, Kristen Jawa, Kerasulan Baru, Sidang Jemaat Allah dan Bethel.

(Sutrisno Humas Polsek Sumpiuh/PID Promoter Humas Polresta Banyumas)

Related Posts

1 of 6,538