Headline

Dukung Ketahanan Pangan Bhabinkamtibmas Polsek Sokaraja Banyumas Sambangi Peternak Lele

http://tribratanews.banyumas.jateng.polri.go.id – Sebagai bentuk upaya Kepolisian dalam mendukung ketahanan pangan nasional baik di sektor pertanian maupun peternakan, menuju masa adaptasi kehidupan baru karena wabah pendemi Covid-19. Polsek Sokaraja, Polresta Banyumas, Polda Jawa Tengah melalui Bhabinkamtibmasnya Bripka Heri Rustanto siang ini menyambangi kolam budidaya ikan lele milik Bapak Sutio warga Desa Kedondong, Kec. Sokaraja, Kab. Banyumas, Selasa (04/08/2020).

Dalam kesempatan itu Bripka Heri berinteraksi dengan pemilik kolam,terkait dengan pengelolaan usaha pembesaran ikan lele. Bripka Heri menyambangi kolam ikan lele milik bapak Sutio ini selain menyampaikan pesan Kamtibmas dan protokol kesehatan Covid-19, juga memberikan motivasi agar lebih semangat dalam usaha budidaya ikan air tawar ini. “Tetap semangat Bapak,kalau ikannya diopeni dengan baik nanti hasilnya juga baik,” Tutur Bripka Heri.

Selain itu Bripka Heri juga menghimbau pada Pak Sutio agar bisa menularkan ilmu ternak lele kepada warga yang lain guna mendorong masyarakat desa yang produktif,juga sebagai ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 ini ” Imbuhnya.

Secara terpisah Kapolresta Banyumas Kombes Pol Whisnu Caraka, S.I.K melalui Kapolsek Sokaraja AKP Jasmin memerintahkan seluruh anggota Bhabinkamtibmas untuk melakukan pendampingan pada setiap desa binaannya. Dengan menggali potensi yang ada disetiap wilayah dan mendorong masyarakat untuk berwira usaha dengan melakukan budidaya ternak ikan lele maupun menanam sayuran dengan cara hidroponik.

“Bhabinkamtibmas harus mampu memanfaatkan sumberdaya yang ada di desa binaannya masing-masing. Dengan mendorong masyarakat untuk lebih produktif dan dalam rangka mendukung ketahanan pangan,” tutur Kapolsek.

Ditambahkannya Polri juga mengajak masyarakat untuk menjaga ketahanan pangan dengan melakukan pengolahan lahan tidur menjadi lahan produktif. Sedangkan untuk budidaya ikan masyarakat bisa membuat kolam sederhana berukuran kecil dengan memanfaatkan pekarangan di samping atau belakang rumah.

“Semoga dengan adanya pendampingan budidaya ikan lele oleh Bhabinkamtibmas ini nantinya akan meringankan beban kebutuhan masyarakat apabila suatu saat terjadi lonjakan harga atau kelangkaan lauk pauk dan sayur mayur di pasaran,” Pungkasnya

(Suhendro Humas Polsek Sokaraja/PID Promoter Humas Polresta Banyumas)

Related Posts

1 of 6,538