Headline

Sambangi Warga Binaan Bhabinkamtibmas Polsek Sokaraja Banyumas Binluh Ketahanan Pangan

http://tribratanews.banyumas.jateng.polri.go.id – Masa pandemi Covid-19 yang masih ada tentunya banyak berdampak pada kehidupan dan sektor ketersediaan pangan. Dalam rangka ketahanan pangan mandiri, Bhabinkamtibmas Polsek Sokaraja, Polresta Banyumas, Polda Jawa Tengah Aipda Sutarso pagi ini menyambangi warga binaannya yang sedang menyirami tanaman sayuran di Desa Pamijen 01/02, Kec. Sokaraja, Kab. Banyumas, Selasa (04/07/2020).

Bhabinkamtibmas Desa Pamijen sambangi warga binaannya Ibu Woro yang menanam sayuran di Polybek halaman rumahnya, dalam upaya menjaga ketersediaan bahan pangan lokal di wilayah binaannya.
Aipda Sutarso menyarankan pada Ibu Woro dan warga lainnya, untuk memanfaatkan pekarangan rumah atau lahan kosong yang bisa dijadikan kebun untuk menanam sayur sayuran yang hasilnya bisa dimanfaatkan untuk makanan pokok atau juga bisa dijual kembali.

“Ini merupakan terobosan yang unik dan menarik untuk dilakukan warga, selain bisa mengisi waktu luang dirumah, secara tidak langsung warga juga bisa membantu menjaga ketersediaan pangan yang bermanfaat, apalagi ditengah pandemi Covid-19 saat ini, pasti hasilnya sangat bermanfaat,” Kata Aipda Sutarso.

Adapun jenis tanaman yang bisa dikembangkan warga di Desa Pamijen yaitu berbagai sayuran seperti sayur sawi, jagung, tomat, dan ketimun serta kacang panjang.
Lebih lanjut Babinkamtibmas berharap apa yang dilakukan Ibu Woro dapat di ikuti oleh warga Pamijen yang lain,sehingga bisa menjaga ketahanan pangan masyarakat, terlebih disituasi pandemi Covid-19 saat ini,” Imbuhnya.

Sementara itu Kapolresta Banyumas Kombes Pol Whisnu Caraka, S.I.K melalui Kapolsek Sokaraja AKP Jasmin saat dikonfirmasi membenarkan anggotanya melakukan sambang pada warga binaanya.
“Polsek Sokaraja melalui Babinkamtibmasnya Saya ingatkan agar bisa memberikan motivasi pada warganya,guna mencukupi pangan secara mandiri,” Tuturnya. Kapolsek juga mengatakan,”
“Dengan menanam sendiri, diharapkan kebutuhan pangan khususnya sayur mayur untuk masyakat bisa terpenuhi paling tidak di wilayah sekitar, sehingga potensi permasalahan lain yang terjadi akibat kekurangan pasokan pangan bisa diminimalisir,dan situasi ketahanan pangan dapat terjaga sehingga berperan menciptakan suasana yang aman dan kondusif,” Pungkasnya.

(Suhendro Humas Polsek Sokaraja/PID Promoter Humas Polresta Banyumas)

Related Posts

1 of 6,538