Amankan Nataru di Banyumas, Sebanyak 422 Personil Gabungan Diterjunkan

Sebanyak 422 Personil gabungan TNI-Polri dan pemerintah daerah diterjunkan dalam pengamanan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kabupaten Banyumas.

Hal ini dipaparkan oleh Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, SIK, MH, kepada awak media usai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Candi 2023 Polresta Banyumas di halaman Mapolresta Banyumas, Jum’at (22/12/23).

“Kami forkompinda Kabupaten Banyumas melaksanakan Apel Gelar Psukan dalam rangka Ops lilin Candi 2023. Dari Kepolisian sendiri ada 170 personil, dari Kodim 60 personil dan dari pemda yang terdiri dari Satpol PP, Dishub dan lain sebagainya ada 192 personil”, kata Kapolresta Banyumas.

Menurut Kapolresta, personil gabungan ini nantinya akan bertugas di pos-pos pengamanan yang sudah ditentukan serta di tempat keramaian, tempat wisata dan tempat lainya yang membutuhkan kehadiran TNI-Polri dan pemerintah daerah.

“Kita ada 13 pos pengamanan diantaranya ada satu Pos Terpadu dan 4 Pos pelayanan”, ungkapnya.

Untuk Pos pengamanan, pihaknya mendirikan 8 Pos pam pada 8 Gereja prioritas dari 102 Gereja yang ada di wilayah Banyumas.

Sedangkan pada Pos Pelayanan terdapat 4 titik diantaranya di terminal bulupitu, stasiun kereta api, lokawisata Baturraden, dan Menara Pandang.

Menurut Kapolresta, pihaknya juga telah menempatkan personil gabungan baik dari Kepolisian, dari TNI serta dari pemerintah daerah.

“Tujuanya adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga peribadatan Natal dan perayaan tahun baru di kabupaten Banyumas bisa terlaksana dengan baik, aman dan nyaman”, ujar Kapolresta.

Kapolresta menyebutkan bahwa untuk menjamin keamanan dan kenyamanan umat nasrani dalam beribadah, pihaknya melakukan sterilisasi ke gereja-gereja.

“Kita terjunkan personil Brimob dan Samapta untuk melakukan sterilisasi di gereja-gereja. Ini kita laksanakan agar peribadatan Natal bisa terlaksana dengan baik, aman dan nyaman”, ungkapnya.

Diakhir wawancara, Kapolresta juga menyebutkan bahwa situasi diwilayah Banyumas dalam keadaan aman dan kondusif termasuk kebutuhan bahan pokok dan kriminalitas semuanya masih dalam kategori aman.

(PID Presisi Humas Polresta Banyumas)

Exit mobile version