Headline

Amankan Pilkades Serentak Tahun 2023, Polresta Banyumas Gelar Apel Pergeseran Pasukan

Dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Tahun 2023 di wilayah Kabupaten Banyumas, Polreta Banyumas Polda Jateng menyelenggarakan Apel Pergeseran Pasukan yang bertempat di Lapangan Brimob Polresta Banyumas, Minggu (22/10/23).

Bertindak selaku pimpinan Apel dalam kegiatan tersebut yaitu Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, SIK, MH dan Dandim 0701/Bms Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama, S.T. M.Han.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Danyon Brimob D Banyumas, Kasatpol PP Banyumas, PJU Polresta Banyumas, Kapolsek Jajaran dan peserta Apel Personil gabungan TNI-Polri, Personil Satpol PP dan Linmas.

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu SIK, MH, dalam amanatnya mengucapakan terimaksih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada seluruh pihak yang telah mengikuti apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan Pilakades serentak tahun 2023 di wilayah Kab. Banyumas.

“Apel ini merupkan bentuk pengecekan dan kesiapan personil, sarana dan prasarana sebelum melaksanakan pengamanan. Dengan demikian diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal sehinga sitauasi kamtibmas berjalan aman, lancar dan kondusif”, kata Kapolresta.

Dalam pelaksanaan pengamanan pilkades serentak tahun 2023, Kapolresta menyebutkan ada 525 personil gabungan yang ditemptakan pada 15 Desa di 12 Kecamatan selama dua hari yaitu tanggal 22-23 Oktober 2023.

“Keberhasilan pengamanan merupakan tanggung jawab bersama yang harus kita selesaikan, oleh sebab itu kepada seluruh personil pengamanan agara senantiasa perkuat sinergitas dan soliditas dalam pelaksanaan tugas”, kata Kapolresta.

Kapolresta juga menekankan kepada seluruh personil agar menegakan netralitas dalam pelaksanaan tugas pengamanan, serta menjalankan tugas secara profesional tegas humanis dan terukur sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan lancar.

Sementara itu Dandim 0701/Bms Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama, S.T. M.Han., dalam amanatnya mengatakan bahwa tugas ini adalah suatu bentuk pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara, sehingga perlu ditanamkan itu sebagai kebanggaan didalam hati.

“Jangan berpikir pengamanan Pilkades ini merupkan hal yang biasa-biasa saja, namun mari kita laksanakan tugas ini dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab. Selain itu, para personil juga harus mampu mendieteksi situasi sehingga kerawanan-kerawanan pada pilkades dapat kita cegah”, papar Dandim.

Dandim juga menekankan bahwa netralitas TNI-Polri dan seluruh komponen tentunya harus diperhatikan dalam pelaksanaan tugas pengamanan Pilkades serentak tahun 2023.

“Kita sebagai aparat harus netral sehingga kedatangan kita bisa membawa kedamaian, masyarakat merasa trayomi, merasa nyaman dan tidak terintimidasi pada proses pilkades tersebut”, ujar Dandim.

Usai pelaksanaan apel, kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan terhadap personil meliputi sarana prasarana dan kelengkapan pribadi guna menunjang pelaksanaan tugas pengamanan.

(PID Presisi Humas Polresta Banyumas).

Related Posts

1 of 6,538