Headline

Hasil Indeks Kepuasan Masyarakat Pelayanan Satpas Polresta Banyumas Semester 1 Tahun 2023

Hasil Indeks Kepuasan Masyarakat Pelayanan Satpas Polresta Banyumas Semester 1 Tahun 2023

 

Dalam rangka mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan perbaikan sistim pelayanan yang ditingkatkan oleh Satpas Polresta Banyumas dalam pelayanan penerbitan SIM, Satpas Polresta Banyumas melakukan serangkaian kegiatan penilaian terhadap kepuasan masyarakat melalui kuisioner kepuasan pengguna layanan guna mengukur Survei Indeks Kepuasan Masyarakat ( IKM ) dalam pelaksanaan pelayanan Penerbitan SIM pada Kantor Unit Satpas Polresta Banyumas.

Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat menggunakan pedoman Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 14 tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Pelaksanaan kegiatan Survey Kepuasan Masyarakat dilaksanakan pada Semester 1 Tahun 2023 di Satpas Polresta Banyumas dilakukan oleh petugas Satpas terhadap 300 pengguna layanan yang telah menggunakan layanan di Satpas Polresta Banyumas pada bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2023.

 

Tujuan dari diadakannya survey eksternal ini adalah untuk mengetahui tingkat kinerja di berbagai unit layananan yang ada di Polresta Banyumas. Hasil survei ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan penetapan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas layanan publik. Adapun manfaat dengan adanya survei eksternal tersebut antara lain untuk mengetahui kelemahan atau kekurangan setiap unsur dalam penyelenggaraan layanan publik, kinerja penyelenggaraan layanan yang telah dilaksanakan oleh setiap unit layanan secara periodik, sebagai bahan penetapan kebijakan yang perlu diambil dan upaya yang perlu dilakukan, untuk mengetahui penilaian masyarakat secara menyeluruh terhadap hasil pelaksanaan layanan public, memacu persaingan positif antar unit penyelenggara layanan dalam upaya peningkatan kinerja layanan.

 

Dari hasil survei yang telah dilaksanakan Satpas Polresta Banyumas mendapatkan nilai IKM sebesar 90 termasuk kategorisasi Mutu Pelayanan “A” dan Kinerja Unit Pelayanan adalah Sangat Baik. Jika dilihat dari Nilai Rata-Rata (NRR) unsur pelayanan, unsur yang memiliki Nilai tertinggi adalah unsur “Perilaku Pelaksana” (3,72) sedangkan unsur dengan Nilai Rata-Rata terendah adalah unsur “Sistem, Mekanisme, dan Prosedur” (3,21).

Dari hasil survey tersebut, langsung ditindaklanjuti oleh Satpas Polresta Banyumas khususnya pada unsur “Sistem, Mekanisme, dan Prosedur”, antara lain Penambahan papan pengumuman tentang system, mekanisme dan prosedur pelayanan di area pelayanan Satpas, Penambahan intensitas sosialisasi tentang system, mekanisme dan prosedur pelayanan di media social Satpas, Pembuatan brosur tentang system, mekanisme dan prosedur pelayanan dan membagikan kepada masyarakat, Sosialisasi petugas kepada pemohon SIM tentang system, mekanisme dan prosedur penerbitan SIM. Hal tersebut dilakukan untuk memperbaiki kekurangan – kekurangan yang dimiliki Satpas Polresta Banyumas sebagai upaya dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Demikian Laporan pelaksanaan hasil kegiatan Penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Semester 1 Tahun 2023 dibidang pelayanan penerbitan SIM di Satpas Polresta Banyumas ini dibuat agar dapat diketahui masyarakat luas, sebagai alat ukur tingkat keberhasilan kinerja Satpas Polresta Banyumas dan sebagai bahan evaluasi sistem pelayanan yang diterapkan guna kedepan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.

Related Posts

1 of 6,538