Kapolresta Banyumas Haidiri Pembukaan Diktukba Polri SPN Polda Jateng TA 2023 oleh Wakapolda Jateng

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, SIK, MH, menghadiri pembukaan pendidikan pembentukan Bintara Polri gelombang 1 Tahun 2023 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jateng di Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Pembukaan pendidikan dipimpin Wakapolda Jateng Brigjen Pol Abioso Seno Aji, SIK, Selasa (7/2/23).

 

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh PJU Polda Jawa Tengah, Kombes Pol. Sarif Rahman S.I.K. (Ka SPN Polda Jateng), Ir. Ahmad Husein (Bupati Banyumas), Ketua DPRD kabupaten Banyumas dr. Budi Setiawan, Kolonel Inf Yudha Airlangga (Danrem 071/WK), Letkol inf Iwan Dwi Prihartono (Dandim 0701 Banyumas), Arie Purnomo, SH,MH, (Kasipidum Kajari Purwokerto) dan PJU SPN Polda Jateng.

 

Dalam pelaksanaannya, Upacara Pembukaan, pendidikan Diktuk BA Polri Gelombang 1 TA 2023 SPN Polda Jateng dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB, diawali dengan Pernyataan Pembukaan Pendidikan oleh Wakapolda Jateng yang dilanjutkan dengan Penyematan tanda pangkat siswa kepada perwakilan, acara Tradisi Pemotongan Rambut dan pemberian nama resimen siswa Adhya Samapta Adhikara.

 

Wakapolda Jateng Brigjen Pol Abioso Seno Aji, SIK, dalam membacakan amanat Kalemdiklat Polri mengatakan program pendidikan pembentukan Bintara dan Tamtama Polri pada tahun anggaran 2023 diselenggarakan dalam 2 (dua) gelombang dengan lama pendidikan selama 5 (lima) bulan.

 

“Gelombang l dibuka pada hari ini, diselenggarakan secara serentak di Sepolwan, Pusdik Brimob dan Pusdik Polair Lemdiklat Polri serta di 31 Sekolah Polisi Negara Polda dengan jumlah peserta didik sebanyak 9.112 orang”, ungkapnya.

 

Sedangkan di Polda Jateng, Wakapolda mengatakan ada 296 siswa yang bakal dibentuk menjadi Bintara Polri di SPN Polda Jateng yang bernama Resimen siswa Adhya Samapta Adhikara.

 

Lebih lanjut Wakapolda menyebutkan bahwa sesuai dengan kebijakan Kapolri dalam transformasi Polri yang presisi, pendidikan menjadi aspek penting dalam mempersiapkan SDM Polri yang unggul di era police 4.0 yaitu Polisi yang mampu menjawab tantangan di era digital dan harapan masyarakat yang semakin tinggi kepada Polisinya.

 

“Kehadiran, kemampuan dan perilaku saudara-saudara dilapangan akan menentukan wajah Polri dan tingkat kepercayaan masyarakat. Oleh karena itu, pendidikan ini harus dirancang dengan mengutamakan kualitas dan memberikan porsi pembelajaran yang lebih besar kepada praktik kerja lapangan dan pembentukan karakter Kebhayangkaraan”, paparnya.

 

Di akhir sambutannya, Kepada para peserta didik, Wakpolda Jateng mengucapkan selamat belajar dan berlatih dalam menempuh pendidikan. Wakapolda juga berpesan kepada para pendidik, instruktur dan pengasuh di SPN Polda Jateng agar membina para siswa dengan baik.

 

“Saya titipkan para peserta didik agar dibentuk menjadi Polisi sejati yang siap memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat. Laksanakan tugas mulia untuk memberikan pelayanan pendidikan secara ikhlas dan penuh dedikasi,” ujarnya.

 

Sementara itu Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, SIK, MH, mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung penuh serta berharap proses pendidikan berjalan dengan baik sehingga dapat mewujudkan Sumber Daya Manusia Polri yang berkualitas, unggul dan berbudi pekerti luhur.

 

“Diharapkan melalui pendidikan ini dapat mencetak anggota Polri yang siap kerja dan siap operasional dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ujar Kapolresta.

 

(PID Presisi Humas Polresta Banyumas)

Exit mobile version