Headline

Kesiapan Pengamanan Pemilu, Polresta Banyumas Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 di Alun-alun Purwokerto

Dalam rangka persiapan pengamanan mengawal Pemilu serentak tahun 2024 mendatang, Kepolisian Resor Kota Banyumas melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024 yang bertempat di Alun-alun Purwokerto, Jum’at (20/10/23).

Dipimpin oleh PJ Bupati Banyumas, Kapolresta Banyumas dan Dandim 0701/Bms, Apel gelar tersebut dihadiri oleh Forkompimda Banyumas, Ketua KPU, Bawaslu Kabupaten Banyumas, BPBD dan Stake Holder terkait.

Selain itu, Apel tersebut diikuti pula oleh jajaran TNI – Polri dan Satpol PP Kabupaten Banyumas sebagai rangkaian dari kesiapan Polri mengawal pelaksanaan Pemilu 2024.

Dalam pelaksanaanya, Kegiatan Apel Gelar Pasukan ini diawali dengan penyematan pita tanda dimulainya operasi kepada perwakilan personel Polisi Militer (PM), Personel Satuan Lalu Lintas, dan Personel Satpol PP.

Dalam sambutannya, PJ Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, S.STP., M.Si saat membacakan amanat Kapolri Jendral Polisi, Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, bahwa, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarpras Operasi Mantap Brata 2023-2024, sehingga pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

PJ Bupati Banyumas juga menyebutkan rentang waktu yang panjang selama pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2023-2024 yaitu selama 222 hari sejak 19 Oktober 2023 sampai dengan 20 Oktober 2024, sehingga perlu disikapi dengan kesadaran tinggi akan tanggung jawab dan dedikasi terhadap tugas yang diemban.

Sementara itu Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, SIK, MH, saat dikonfirmasi usai pelaksanaan apel mengatakan, bahwa apel gelar psukan ini bertujuan untuk melakukan pengecekan baik kesiapan personil TNI-Polri dan pemerintah daerah maupun kesiapan sarana prasarana.

“Tadi sudah kita lakukan pengecekan bersama, dari hasil pengecekan seluruh personil sangat siap dalam melakukan pengamanan setiap tahapan yang nantinya dilaksanakan selama Pemilu 2023-2024. Begitu pula dengan sarana prasarana semua siap digunakan sesuai dengan situasi dan kebutuhan”, kata Kapolresta.

Kapolresta juga menyebutkan bahwa pihaknya akan bekerja sama berkolaborasi dengan semua instansi dan para tokoh baik tokoh masyarakat, agama, pemuda dan tokoh wanita untuk bersama-sama menciptakan pemilu yang aman, damai dan sejuk.

“Kita tidak boleh gara-gara pemilu ini menjadi terpecah belah karena tentunya persatuan dan kesatuan itu adalah yang utama diatas semua kepentingan. Saya berharap kita semua bisa menjaga situasi di wilayah Banyumas ini sehingga dapat berjalan dengan aman, nyaman dan damai”, ujar Kapolresta.

(PID Presisi Humas Polresta Banyumas)

Related Posts

1 of 6,538