Headline

Pastikan Pilkades Berjalan Aman, Kapolresta Banyumas Patroli Cek TPS

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu SIK, MH, bersama jajaranya melakukan pengecekan dan peninjauan lokasi tempat pemungutan suara (TPS) pilkades serentak Kabupaten Banyumas tahun 2023. Kegiatan ini dilakukan sebelum pemungutan suara yang dilaksanakan hari Senin (23/10/23).

Dalam kesempatan itu, pengecekan terbagi dalam 2 rombongan tim yaitu tim pertama terdiri dari Kapolresta Banyumas Kombes Edy Suranta Sitepu, SIK, MH, Dandim 0701/Bms Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama, S.T. M.Han, PJU Polresta Banyumas dan Wadanyon D Brimob.

Sedangkan Rombongan Tim 2 (dua) terdiri dari Wakapolresta Banyumas AKBP Henri Yulianto, SIK, MH, Kasdim 0701/Bms Mayor Inf A. Rofik Alvian dan PJU Polresta Banyumas.

“Kami bersama Dandim, PJU dan dari Batalyon D Brimob melakukan pengecekan dan peninjauan di TPS yang akan melaksanakan pilkades”, kata Kapolresta.

Menurutnya, kegiatan patroli dan pengecekan tersebut guna memastikan kesiapan personil maupun TPS. Kegiatan ini sekaligus wujud kehadiran negara dalam pelaksanaan tindakan secara preventif untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ini adalah wujud kehadiran kami sebagai representatif negara sehingga dapat menciptakan situasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat,”ujarnya.

Dalam pelaksanaan pengamanan pilkades serentak tahun 2023, Kapolresta menyebutkan ada 525 personil gabungan yang ditemptakan pada 15 Desa di 12 Kecamatan selama dua hari yaitu tanggal 22-23 Oktober 2023.

“Untuk kerawanan sudah kami petakan dan untuk mengantisipasi konflik di titik rawan kami juga telah menambah kekuatan personel,” ujarnya.

Selain itu, dalam pengecekan tersebut pihaknya juga mengimbau kepada panitia pemilihan kepala desa agar selalu menjaga netralitas dan dapat menciptakan situasi aman dan kondusif saat Pilkades berlangsung.

“Diharapkan kepada para panitia pemilihan kepala desa ikut dalam menciptakan situasi kondusif di wilayah setempat sehingga proses pelaksanaan pilkades ini berjalan aman dan lancar tanpa ekses”, ungkap Kapolresta.

(PID Presisi Humas Polresta Banyumas)

Related Posts

1 of 6,538