Gencarkan Program “Gerdu Saber”di Sekolah, Sat Lantas Polresta Banyumas Tindak Puluhan Pelajar

Tribratanews.banyumas.jateng.polri.go.id – Sat Lantas Polresta Banyumas, Polda Jawa Tengah gencarkan kegiatan GERDU SABER (Gerbang Edukasi Sekolah Aman Berkeselamatan) di Sekolah-sekolah di wilayah Kabupaten Banyumas, Senin (22/1/24).

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, S.I.K., M.H melalui Kasat Lantas Polresta Banyumas Kompol Galuh Pandu Pandega F, S.H., S.I.K., M.H mengatakan, program Gerdu Saber ini merupakan trobosan kreatif Sat Lantas Polresta Banyumas dalam rangka edukasi dan penindakan knalpot Brong terhadap pelajar di sekolah.

“Kami melaksanakan Program ini karena dari hasil hunting kenalpot brong pada malam hari, ditemukan hampir 80% penggunanya adalah siswa pelajar”, kata Kasat Lantas.

Dia menyebutkan, kegiatan ini adalah kerja sama Sat Lantas Polresta Banyumas dengan pihak Kesiswaan tiap sekolah dengan melaksanakan edukasi dan pendidikan lalu lintas tentang etika berlalu lintas yang berkeselamatan.

“Jadi apabila ditemukan anak yang menggunakan kendaraan tidak sesuai standar, maka akan di data dan dicatat oleh Guru Kesiswaan untuk di edukasi dan mengurangi nilai Mental Kepribadian”, ujar Kasat Lantas.

Dari kegiatan yang dilakukan pada sekolah-sekolah di wilayah Banyumas pada Senin (22/1/24) pagi, petugas berhasil menjaring sebanyak 35 pelanggar kendaraan knalpot brong dan 4 unit knalpot brong saat hunting pagi hari.

Kasat lantas menambahkan, kegiatan ini akan dilaksanakan setiap hari di sekolah-sekolah secara bergantian. Dengan harapan para siswa dan masyarakat secara umum semakin tertib aturan lalu lintas dengan tidak menggunaan knalpot brong dan pelanggaran lainnya.

“Harapanya penggunaan Knalpot Brong di wilayah Banyumas semakin berkurang dan masyarakat semakin sadar bahwa penggunaan knalpot itu sangat membuat tidak nyaman dan meresahkan masyarakat”, ujarnya.

(PID Presisi Humas Polresta Banyumas)

Exit mobile version