Headline

Jelang Pemungutan Suara, Polresta Banyumas Gelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS

Tribratanews.banyumas.jateng.polri.go.id – Polresta Banyumas, Polda Jawa Tengah menggelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Operasi Mantap Brata Candi 2024 yang bertempat di Alun-alun Purwokerto, Senin (13/2/24).

Kegiatan ini dimpimpin langsung oleh PJ Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, S.STP., M.Si, Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, S.I.K., M.H dan Dandim 0701/Bms Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama,S.T.M,Han.

Turut hadir dalam apel tersebut diantaranya Forkompimda Kab. Banyumas, Ketua KPU Banyumas, Ketua Bawaslu Banyumas, perwakilan Jasa Raharja, PJU dan Kapolsek Jajaran Polresta Banyumas, personil gabungan TNI-Polri, Satpol PP dan Linmas.

PJ Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, S.STP., M.Si, usai kegiatan apel mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Banyumas dengan Forkopimda, penyelenggara pemilu, KPU, Bawaslu, PPS, KPPS, serta PPK semuanya siap menyelenggarakan Pilpres-Pileg Tahun 2024 dengan sukses, aman, nyaman.

Pihaknya juga telah melakukan pemantauan untuk memastikan bahwa distribusi logistik pemilu telah sampai di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan selanjutnya didistribusikan ke panitia pemungutan suara (PPS) dengan baik.

“Kemarin kami telah mengecek di gudang logistik untuk memastikan semuanya aman dan lancar,” ungkapnya.

PJ Bupati Banyumas juga menyebutkan, dari hasil pengecekan di 15 kecamatan yang dijadikan sampel, semua gudang logistik dalam kondisi baik dan aman serta tidak ada kebocoran saat terjadi hujan.

Pihaknya juga memantau beberapa lokasi yang akan digunakan sebagai tempat pemungutan suara (TPS) termasuk yang berada di daerah-daerah rawan bencana.

“Kalau kemudian terjadi bencana, sudah kami siapkan skenario apbila terjadi bencana, maka TPS kami pindahkan,” katanya.

Sementara itu, Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, SIK, MH, mengatakan TNI/Polri, Pemkab Banyumas, dan seluruh stake holder siap untuk melaksanakan Pemilu Serentak 2024.

Dalam apel tersebut, pihaknya melibatkan sebanyak 1.066 personel termasuk 698 personel yang bertugas untuk mengamankan TPS.

Selain itu, pihaknya mendapatkan BKO perbantuan dari TNI sebanyak 189 personel yang akan ditempatkan di seluruh Polsek Jajaran Polresta Banyumas.

“Ada 27 polsek, masing-masing polsek mendapatkan 7 personel dari rekan-rekan TNI. Tentunya ini untuk membantu kepolisian di mana kita memastikan bahwa jalannya pileg maupun pilpres ini bisa berjalan dengan aman, nyaman, lancar, dan masyarakat bisa menggunakan hak suaranya untuk datang ke TPS,” ungkapnya.

Kapolresta juga menyebutkan pada masa tenang menjelang pemungutan suara, pihaknya melaksanakan patroli dialogis untuk berkomunikasi dengan semua masyarakat termasuk tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda.

“Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa pesta demokrasi lima tahunan tersebut bisa berjalan dengan aman dan lancar”, pungkas Kapolresta.

(PID Presisi Humas Polresta Banyumas)

Related Posts

1 of 6,538