Headline

Pokdar Kamtibmas Kabupaten Banyumas Ikuti Capacity Building Sat Binmas Polresta Banyumas

Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) binaan Polresta Banyumas Polda Jateng, mengikuti kegiatan Capasity Building Sat Binmas Polresta Banyumas yang bertempat di Pendopo Polresta Banyumas, Rabu (27/12/23).

Kegiatan ini dihadiri oleh
Wakapolresta Banyumas AKBP Hendri Yulianto, SIK, MH., Kasat Binmas Polresta Banyumas Kompol Agus Subiyanto, SH,MM., Pengurus Pokdar Kamtibmas Polresta Banyumas, Para Babhinkamtibmas serta para Petugas Pokdarkamtibmas Kelurahan/Desa.

Dalam pelaksanaanya, kegiatan diawali dengan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pengurusan Pokdarkamtibmas Polresta Banyumas Masa Bakti tahun 2023 – 2025 oleh Kapolresta Banyumas yang diwakili oleh Wakapolresta Banyumas.

Dilanjutkan dengan kegiatan Capacity Building yang dipandu oleh Ipda Yusup Supriyadi, SH dengan materi Pokdarkamtibmas dan problem secara kelembagaan serta materi Penguatan dan Motivasi terhadap anggota Pokdarkamtibmas.

Wakil Ketua Pokdarkamtibmas Sukron Haryanto dalam sambutanya menyampaikan bahwa Logo yang ada di Rompi Pokdar Kamtibmas adalah lambang tanggung jawab, bukan hanya membantu masyarakat tapi ada amanah untuk menjaga situasi yang kondusif.

Dia juga berharap bahwa kegiatan Pokdarkamtibmas agar terus diaktifkan baik ditingkat Kecamatan maupun kelurahan/desa agar dapat menggali potensi masyarakat yang ada diwilayah masing-masing.

“Masyarakat butuh kelompok sadar Kamtibmas maka dengan niat bismillah untuk silaturahmi dilingkungan merupakan perjuangan dan pengabdian kita sebagai Pokdarkamtibmas”, ungkapnya.

Lebih lanjut, Sukron juga berpesan kepda anggota Pokdar Kamtibmas agar di Tahun politik yang sedang berlangsung ini dapat mengatur diri dengan bijak jangan sampai diperdaya oleh kelompok yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingannya.

Sementara itu Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, SIK, MH, melalui Wakpolresta Banyumas AKBP Hendri Yulianto, SIK, MH, mengatakan bahwa masa bakti Pokdar Kamtibmas yang lama sudah berakhir sehingga harus ada Reorganisasi sebagi pendukung tugas Polri untuk menciptakan Kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Kami bermitra dengan saudara sebagai Pokdarkamtibmas untuk membantu kami dalam menjaga situasi yang aman dan kondusif terlebih dalam Pemilu 2024 yang penuh dengan dinamika politik dengan perbedaan pilihan dan pendapat”, ungkap Wakapolresta.

Wakapolresta juga berharap, bukan hanya event Pemilu, pokdarkamtibmas juga diharapkan mampu berinteraksi dengan masyarakat serta melakukan upaya preemtif sehingga jika terjadi permasalahan sosial ditingkat bawah dapat segera teratasi.

(PID Presisi Humas Polresta Banyumas)

Related Posts

1 of 6,538