Headline

Satlantas Polresta Banyumas Mengadakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Pengemudi Bus

Tribratanews.banyumas.jateng.polri.go.id – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Banyumas, Polda Jawa Tengah mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis kepada para pengemudi bus di Terminal Bulupitu Purwokerto, Selasa (11/6/24).

Kegiatan ini dilakukan oleh PS. Kanit Kamsel Satlantas Polresta Banyumas beserta Anggota, Staf Dishubdar Terminal Bulupitu Purwokerto dan Anggota Sie Dokkes Polresta Banyumas.

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, S.I.K., M.H melalui Kasat Lantas Polresta Banyumas Kompol Galuh Pandu Pandega Ferdiansyah, S.H., S.I.K., M.H mengatakan cek kesehatan ini sudah rutin digelar. Tujuannya untuk memastikan kesehatan para pengemudi bus dalam keadaan prima saat bertugas.

“Kegiatan ini sudah kesekian kali kami lakukan sehingga kesehatan para pengemudi bisa terpantau dan bisa mengemudi dalam keadaan prima,” katanya.

Ia menjelaskan, pemeriksaan yang dilakukan, meliputi pemeriksaan tensi, pengecekan gula darah pengecekan osteoporosis (pengeroposan tulang) dan lain sebagainya.

“Jika nantinya ditemukan adanya pengemudi yang kurang sehat maka kita sarankan agar tidak memaksakan diri untuk mengemudi. Selain itu kita juga sediakan ambulance untuk mengantisipasi jika memang ada yang membutuhkan perawatan instensif maka kita bawa ke rumah sakit terdekat”, kata Kasat Lantas.

Menurut Kasat Lantas, pemeriksaan kesehatan ini sebagai aplikasi kesiapan diri saat mengemudi dan sesuai SOP yang telah ditetapkan Undang-Undang, untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Petugas kami juga berpesan agar para pengemudi tidak takut dan malas untuk melakukan cek kesehatan. Mengingat para pengemudi itu tanggung jawabnya besar sehingga bila kesehatannya tidak terpantau akan membahayakan banyak orang”, pungkas Kasat Lantas.

(PID Presisi Humas Polresta Banyumas)

Related Posts

1 of 6,543